Kamis, 07 Maret 2019

Karya Seni Kepak Sayap Garuda Berbahan Kayu ini Keren Banget


Karya Seni Kepak Sayap Garuda Berbahan Kayu ini Keren Banget

Hai sobat, ketemu lagi di video on the spot terbaru
Tidak ada batasan dalam membuat karya seni, Hal itulah yang ingin di sampaikan oleh Seorang pemuda asal Bantul bernama Dedy Sofyanto. dia membuat seni inovasi yang sangat unik dan keren, burung Garuda Pancasila yang bisa bergerak seolah Garuda terbang mengepakkan sayapnya.
Karya inovatif ini Perpaduan antara seni kriya dengan seni gerak yang kemudian di sebutnya sebagai seni kriya kinetik.
Seni kriya kinetik yang dihasilkan oleh  Dedi Sofyanto mahasiswa S2 institut seni indonesia jogjakarta ini dibuat dengan menggunakan kayu jati pilihan. dipadukan dengan perangkat elektrik dinamo DC, roda-roda gigi dibuat dari kayu sebagai penggerak sistem mekaniknya, dan tak lupa pula di tambahi dengan sebuah sensor.
Dengan seni karya inofatifnya ini patung lambang negara garuda pancasila dapat mengepakkan sayapnya, seni kriya berupa garuda pancasila ini tak sekedar patung kayu yang diam namun dapat bergerak mengepakkan sayap pada bagian kepalanya bisa menoleh.
Kinetic Art itu adalah aliran seni yang melibatkan gerakan, tapi nggak semua yang bergerak itu Kinetic Art. Akan tetapi gerakan itu bagian penting dari karya tersebut, Jadi gerakan itu memiliki makna, nggak sebatas gerak aja.
Menurut Dedi sofyanto, setiap gerakan dalam kinetic art harus memiliki makna dan pesan. Contohnya adalah replika burung Garuda ini. "Saya ingin mencoba menyampaikan, masih banyak harapan dan cita-cita Indonesia yang belum tersampaikan.
Dia bergerak mengepakkan sayap, “kepakkan sayapmu terbanglah tinggi seperti harapan dan cita-citamu”.
Butuh proses yang panjang untuk mempelajari kinetic art ini. Ia memulai dengan belajar mekanik, belajar elektronik, research juga.
Untuk membuat patung Garuda ini, pembuatan dilakukan selama 2 bulan dan dibutuhkan ketelitian ekstra.
ide ini berawal dari kekhawatirannya terhadap generasi penerus yang tak lagi perduli dengan filosofi Garuda, terutama Sila di dalamnya.
Wah sebuh Hasil Karya Yang Penuh Syarat makna ya Sobat.
Bagaimana menurut sobat semua, jangan lupa kasih komentar di bawah ini ya?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar