Jumat, 29 Maret 2019

Amati Hal ini Saat Berada di Pantai Beberapa Menit Dapat Menyelamatkan Hidup Anda.

Amati Hal ini Saat Berada di Pantai Beberapa Menit Dapat Menyelamatkan Hidup Anda.

Haiii Sobat ketemu lagi di video on the spot terbaru
Pergi ke pantai memang kerap menjadi pilihan saat mengisi liburan, Keindahan alam berupa hamparan pasir dan deburan ombak, dengan busa putih melambai-lambai menjadi sensasi daya tarik tersendiri, untuk kita berenang atau bermain air di pinggir pantai.
Yaa Berenang atau bermain air laut memang asyik, namun anda juga perlu waspada ketika berada di pantai, ada yang harus anda ketahui tentang tabiat air laut, Amati fenomena alam yang terlihat sederhana ini ketika anda berada di pantai, hanya butuh sedikit perhatian namun bisa menyelamatkan hidup anda.
Naaah Jika sobat melihat kekosongan gelombang laut seperti ini, jangan sekali-kali mencoba untuk mendekatinya, segera lari menjauh dan keluar dari air, karena ombak ini sangat berbahaya.
Waahh,, hati-hati ya sobat?
Zona air yang mengalami kekosongan gelombang itu disebut Rip Current atau arus pecah, Rip Current memiliki daya hanyut yang sangat kuat dan akan menarik Anda lebih jauh ke tengah laut.  
Dengan kecepatan 0,5 hingga 2,5 meter per detik, arus pecah dapat membahayakan untuk para non-perenang,  seseorang yang berdiri sepinggang di dalam air dapat terseret jauh ke perairan yang lebih dalam, Topografi bumi yang bervariasi membuat beberapa pantai lebih cenderung memiliki arus pecah, beberapa terkenal sangat membahayakan.
Rip current ini terjadi akibat adanya angin yang mendorong gelombang laut menuju pantai, air sering didorong menyamping oleh gelombang yang mendekat, Air ini mengalir ke sepanjang garis pantai sampai menemukan jalan keluar kembali ke laut atau ke perairan danau yang terbuka, Arus pecah yang dihasilkan biasanya sempit dan memanjang menjorok kearah laut.
Kesalah pahaman yang umum adalah bahwa arus bawah, cukup kuat untuk menyeret orang di bawah permukaan air, namun arus ini sebenarnya kuat di permukaan, dan dapat memperkecil gelombang yang datang, sehingga menyebabkan adanya ilusi bahwa permukaan air tersebut relatif tenang, dan memancing perenang untuk masuk ke dalam air.
Meski perenang yang handal pun, apabila tidak bisa menguasai teknik menghadapi rip cuurrent maka akan terseret ombak juga lhoo sobat.
Rip current atau arus pecah menjadi lebih kuat ketika gelombang angin sangat kencang (seperti saat angin darat tinggi, atau ketika terjadi badai besar di lepas pantai) atau saat air pasang sedang rendah.
Naaah Sobat Harap berhati-hati ya ketika ada di pantai, terlebih jika anda mengajak anak-anak berenang, Jangan sampai acara liburan anda di pantai menjadi mala petaka bagi kita.
Bagaimana Menurut pendapat kalian, jangan lupa tulis komentar dibawah ya sobat.
Hasil gambar untuk Rip CurrentGambar terkait
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiSM6pFcF9D6nKIfZFW3i4cfO4ENPn2mViUlFvXp2I6Plo0uRRqAgSWQ881t5Nj7gNdzxns38GVTpu7nOk-LJmi2DWY3tCR29xxXCNQ2t39q3ON28bZHpJZlZsxgOjDVzTXwm9dnemw5rxw/s640/pantai.JPGGambar terkait
Hasil gambar untuk Rip CurrentHasil gambar untuk Rip Current
https://youtu.be/ZZd2kfFxFY4 ( ini salah Satu contoh)

Keterangan : untuk video tentang ombak Rip Currentbanyak di youtube,  usahakan ilustrasi Rip Currentjelas tergambarkan (videonya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar