Kamis, 07 Maret 2019

Masjid 99 Kubah Jadi Ikon Sulsel, Pemprov Anggarkan Rp 176 M

Masjid 99 Kubah Jadi Ikon Sulsel, Pemprov Anggarkan Rp 176 M
 Hai sobat ketemu lagi di video on the spot terbaru
Baru-baru ini, warga kepulauan Sulawesi Selatan (Sulsel) dihebohkan dengan kemunculan benda yang unik dan tak biasa.
Munculnya pemandangan yang luar biasa tersebut menunjukkan sebuah ikon sulsel dengan kemegahannya. Sebenarnya ikon yang di maksud apa ya sobat?
Eeehh, sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya sobat subscribe dan like channel ini ya?
Setiap daerah pasti memiliki ikon yang berbeda-beda seperti jakarta yang mempunyai tugu monas dan beberapa daerah lain yang juga punya ikon unik, aneh, dan lucu.
Namuuun berbeda dengan ikon yang di miliki warga provinsi sulawesi selatan ini. Daerah ini bakal punya ikon baru yakni Masjid 99 Kubah yang terletak di kawasan strategis Centre Point of Indonesia (CPI) pada bagian barat Kota Makassar. Desain masjid yang akan dibangun sangat unik. Untuk di Indonesia, masjid ini akan masuk 10 yang terbaik di dunia.
Masjid ini Tetap menonjolkan bentuk kubah sebagai ciri khas dari bangunan ibadah umat Islam. Bentuk dasar membentuk 9 sisi polygon dengan teras 9 lapis pula. Sementara kubah masjid berjumlah 99 yang berarti 99 asmahul husna.
Kadis Tata Ruang dan Pemukiman (Distarkim) Sulsel, mengatakan pada kapasitas rancangan masjid tersebut dapat menampung hingga 3.500 jamaah. “Masjid yang akan dibuat belum ada kesamaannya dengan masjid yang lainnya. Unik, tetapi tetap menonjolkan bentuk kubah dalam desainnya.
Lantai salat dan mezanain masjid sendiri akan dibuat seluas 3.820 meter persegi. Ditambah dengan lantai penunjang seluas 11.000 meter persegi. Total luasan masjid 14.820 meter persegi. Masjid ini bakal menjelma sebagai bangunan megah dan modern.
Desainnya ditangai langsung arsitektur bertangan dingin, Ridwan Kamil dan melibatkan arsitek lokal. Wali Kota Bandung itu membuat desain masjid atas permintaan Gubernur Sulsel. Dan filosofi pembuatan masjid ini disandarkan pada hadis nabi. 
Pembangunan Masjid Raya 99 Kubah milik warga Sulawesi Selatan hampir rampung. Untuk membangun masjid yang jadi ikon baru Sulsel itu, pemerintah setempat menganggarkan hingga Rp 176 miliar. Insyaallah jadi pada tahun 2019," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya, dan Tata Ruang Pemprov Sulsel
Pada tahun 2019, pemerintah tengah menyiapkan anggaran Rp 58 miliar untuk menyelesaikan pembangunan ini. Dana sebesar ini diperuntukkan buat membangun 17 kubah yang belum selesai, termasuk menara masjid, hingga menyelesaikan pelataran suci yang dapat menampung sekitar 10 ribu orang.
“Masjid ini akan menjadi destinasi keagamaan baru, sekaligus bisa menjadi bangunan rekreasi atas kemegahannya. Bangunan masjid pun akan dibuat hemat energi. Pencahayaan dan angin akan dimaksimalkan langsung dari alam. Selain itu, sekitaran masjid akan dijadikan kawasan hijau untuk dinikmati masayarakat.

woooww bakal ada tempat rekreasi baru niihh sobat. Keren banget ya?
Bagaimana menurut sobat semua, jangan lupa kasih komentar di bawah ini ya?
 
http://www.radarcirebon.com/masjid-99-kubah-sulsel-didesain-ridwan-kamil.html
https://news.detik.com/berita/d-4361837/masjid-99-kubah-jadi-ikon-sulsel-pemprov-anggarkan-rp-176-m?_ga=2.68134161.1644213010.1546805989-757426217.1533548905
Didesain Ridwan Kamil, Masjid 99 Kubah Ini Jadi Masjid Terunik Di Dunia, Keren! https://buc.kim/d/0P9ROA8XkHxt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar