Kamis, 07 Maret 2019

Katak Pipa Lahir dari Punggung

Katak Pipa Lahir dari Punggung


Alam Memang Masih Menyimpan Sejuta Ragam dan satwa yang bentuknya aneh dan unik dimana biasanya,mahluk tersebut jarang kita lihat,
Contohnya di Hutan Amazon, Amerika Selatan yang dikenal dengan hewan-hewannya yang unik dan beragam.

Sobat Semua Pernahkan kalian Melihat Hewan Melahirkan Dari punggung?
Perkenal kan Nih Katak yang Biasa disebut pipa pipa atau Surinam toad, yang keunikannya tidak dapat disamai oleh hewan-hewan lainnya.
Katak Pipa pipa ini juga disebut katak Suriname, ia memang hidup dan berasal dari negara itu. Namun Penyebaran Katak ini juga di negara-negara Amerika Selatan, misalnya Kolombia, Brasil, Venezuela, BoliviaTermasuk Juga Di hutan Amazon dan sekitarnya.

Keunikan Dari katak betina Pipa pipa ialah caranya yang aneh serta unik untuk melahirkan anaknya.

Saat setelah kawin dan menghasilkan telur, telur-telur katak betina yang sudah di buahi itu akan dijatuhkan di perut katak jatan, kemudian si jantan bergerak dan meletakkan telur-telur yang ada di perutnya ke punggung si betina.

Pada saat inilah puncak Keuniknya, kulit Punggung katak pipa pipa betina akan Secara berangsur-angsur membengkak dan membentuk semacam rongga Lubang di sekitar telur Untuk Menyimpan telur Telur calon anak katak tersebut.

Mirip sarang lebah, telur-telur di punggung katak betina ini jumlahnya bisa mencapai ratusan butir.

Telur itu akan berada Kira-kira selama 12-20 minggu sebelum bayi bayi katak menetas . Bukan dalam wujud berudu, melainkan dalam wujud kodok berukuran kecil yang penampilannya serupa dengan induknya.

Katak-katak kecil itu seakan lahir dari punggung induknyanya!
Bayi kodok yang sudah menetas kemudian akan memanjat keluar dari rongga punggung induknya dan sudah harus hidup mandiri.
Saat keluar dari punggung induknyanya,katak kecil pipa-pipa hanya berukuran 2 cm. Setelah besar ,tubuhnya bertambah besar menjadi 10 cm – 15 cm. Tubuh katak ini gepeng dan ceper. Warnanya cokelat berbintil-bintil. Dari kejauhan, ia tampak seperti daun kering.


WOOOW unik Banget ya Sobat..

Bagaimana menurut pendapatmu. Jangan Lupa kasih komentar dibawah ini ya?


 
 
https://pricilladewinakita.wordpress.com/2013/07/21/katak-pipa-lahir-dari-punggung/
https://youtu.be/aCayq56wHSA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar