Kamis, 07 Maret 2019

3 Tempat Kuburan Kapal Laut Terbesar di Dunia

3 Tempat Kuburan Kapal Laut Terbesar di Dunia
### Haiii Sobat ketemu lagi di video on the spot terbaru 
Sobat Semua Pastinya tidak asing lagi dengan kuburan bukan?? Namun Apakah Sobat pernah Lihat Kuburan Kapal Laut??
Yaaa Kapal laut moden berbahan besi baja biasanya hanya mampu bertahan 25 hingga 30 tahun sebelum terkikis oleh karat, kekuatan logam menjadi lemah dan kekurangan alat ganti menjadikannya tidak ekonomis untuk digunakan.
Kapal-Kapal yang sudah usang dan tua, biasanya akan dibawa ke galangan atau dok untuk di hancurkan ya sobat.
Naah kali ini tim Video on the spot terbaru akan tunjukkan kepada sobat  semua Tiga Tempat penghancuran kapal laut terbesar di dunia yang biasa juga di sebut dengan kuburan kapal laut.
3. Gadani Ship Breaking Yard di Pakistan
Gadani Ship Breaking Yard  merupakan galangan atau dok Perusak kapal, Galangan kapal ini merupakan Kuburan kapal terbesar ketiga di Dunia, terdapat 132 lokasi Perusak atau pembongkaran kapal di tempat ini.
Gandani terletak di seberang 10 km di pantai gandani, pakistan sekitar 50 KM dari barat laut Karachi.
Ada Ratusan kapal Usang yang terdiri dari beberapa jenis termasuk didalamnya ada kapal supertanker dan kapal pesiar, dipotong setiap tahunnya di tempat ini.
Dengan lebih dari 30.000 buruh yang bekerja di dok penghancur kapal ini, Para pekerja umumnya penduduk yang tinggal dekat Gadani, dan dibayar sekitar  35.000 rupiah per hari kerja.
Fasilitas dan peralatan kerja untuk memotong bagian kapal di tempat ini masih tergolong manual dan belum terlalu memadai dengan hanya menggunakan api las dan beberapa alat berat.
Jutaan ton Baja dan Besi tua dihasilkan pertahun di Galangan Gandani ini, pada tahun 2009-2010 mencapai rekor dengan menghancurkan 107 kapal raksasa.
Jutaan ton baja dan Besi tua potongan kapal tersebut kemudian dijual ke pasar domestik, untuk pembangunan infrastruktur di Pakistan.
Meskipun Gandani mempunyai peringkat ketiga sebagai Galangan penghancur kapal terbesar, Gadani hanya memerlukan waktu empat bulan untuk memotong satu tanker besar di bandingkan dengan  Galangan penghancur kapal terbesar di dunia yang memerlukan waktu selama enam bulan.
Hebat sekaligus mengerikan ya sobat.
2. Chittagong Ship Breaking Yard di Bangladesh
Terletak di pesisir Kota Chittagong sebelah selatan Bangladesh, Chittagong Ship Breaking Yard ini merupakan galangan atau dok Perusak kapal, Galangan kapal ini merupakan Kuburan kapal terbesar yang menempati posisi kedua di Dunia.
Menurut LSM Shipp breaking Platform, sekitar 200 kapal berukuran raksasa berlabuh di pantai Chittagong setiap tahunnya. Tempat itu menghasilkan sebagian besar produksi logam dan baja Bangladesh. Buat negeri yang tengah dibuai pertumbuhan ekonomi yang tinggi, Chittagong punya peranan kunci.
Galangan pembongkaran kapal sudah menjamur di Chittagong sejak tahun 1969, di tempat ini menampung lusinan galangan kapal yang menawarkan jasa menghancurkan kapal laut, industri yang meraup omset puluhan juta Dollar per tahunnya itu mempekerjakan 150 ribu buruh.
Para Pekerja di tempat ini mendapat upah sekitar 76 ribu Rupiah untuk 14 jam kerja, Sebagian besar buruh tidak mendapat perlengkapan keamanan yang memadai, Tak Jarang pula para Pekerja disini menghancurkan kapal dengan tangan kosong dan las karbit, Sebab itu pula resiko besar kerja menjadi hal lumrah dan bukan hal aneh di tempat ini.
Seperlima buruh di Chittagong ini adalah anak dibawah 20 tahun dan nyaris separuhnya berusia maksimal 22 tahun, Sebagian membantu tukang las atau mengangkut potongan besi ke tempat penyimpanan.
Organisasi lingkungan mewanti-wanti, limbah beracun yang berasal dari kapal bisa merusak lingkungan dan membahayakan penduduk lokal. Namun upaya mendorong pengetatan regulasi di industri pembongkaran kapal tidak pernah diindahkan oleh pemerintah Bangladesh.
1. Alang Ship Breaking Yard di india
Menempati Posisi Pertama Sebagai galangan atau dok Penghancur kapal terbesar di Dunia, Alang Ship Breaking Yard disebut-sebut sebagai Kuburan kapal terbesar di Dunia.
Disinilah pusat daur ulang besi kapal terbesar di dunia yang terletak di Alang, pesisir Laut gujarat, negara india, Dengan hanya menjadikan persisiran pantai sebagai tempat berlabuh dan penghancuran kapal-kapal raksasa tua.
Di tempat ini, Sejauh mata mu memandang, yang tampak hanyalah bangkai-bangkai kapal raksasa tua dan juga para pekerja yang membelah-belah lambung kapal-kapal tua dan berkarat di berbagai tempat.
Puluhan juta bahkan ratusan juta ton besi dan baja tua telah di hasilkan dari industri Penghancur kapal terbesar di Alang india ini.

Di 2018 kemaren, lebih dari 253 kapal raksasa telah di hancurkan, adapun rekor penghancuran kapal berukuran raksasa tertinggi di tempat ini terjadi pada tahun 2011-2012 yang mencapai 414 unit kapal raksasa.
Dari ketiga Dok Perusak kapal terbesar di Dunia, di Alang Ship Breaking Yard ini yang paling baik dan cukup memadai untuk fasilitas dan perlengkapan keamanan kerja. Tak kurang dari 400 ribu orang pekerja yang berkecimpung di industri penghancur kapal tua disini.
Walaupun Begitu Pekerjaan ini adalah pekerjaan cukup berisiko besar karena gas beracun, risiko tercucuk besi,  tidak ada asuransi, tiada jaminan kesehatan, dan jam bekerja yang terkadang melebihi standard.
Naaah Sobat Semua, itulah tiga tempat yang biasa di sebut Kuburan kapal terbesar di Dunia.

Bagaimana menurut pendapat kalian semua. Jangan lupa tulis komentar dibawah ya.


http://www.libur.com.my/lokasi-kubur-kapal-terbesar-dunia/
http://forum.detik.com/pantai-gadani-kuburan-kapal-terbesar-di-dunia-t703949.html
http://www.maritimeworld.web.id/2013/11/Gandani-Dock-Sekaligus-Kuburan-Kapal-Terbesar-Di-Dunia.html

https://youtu.be/xc2dct-hbWI

Keterangan: Video dan Voto Banyak di yaoutube dan google, tolong cari yang bnyak, fariatif, kulaitas baik dan juga kalau bisa video jangan di ulang ya, karena banyak sekali videonya.
Untuk kuburan yg di atas tidak usah di tampilkan kuburan manusia ya!! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar