Kamis, 07 Maret 2019

Warga Jepang dibuat ketakutan dengan kemunculan beberapa ekor ikan laut, yang sangat langka.



Warga Jepang dibuat ketakutan dengan kemunculan beberapa ekor ikan laut, yang sangat langka. Penemuan seekor ikan yang terlilit jaring nelayan di lepas pantai Imizu, di prefektur Toyama, Jepang, membuat masyarakat dan media sosial Negeri Matahari Terbit itu gelisah.

Sebenarnya apa ya, yang membuat warga tersebut se begitu takutnya dengan ikan itu? Apakah ikan itu siluman, ataukah ada hal buruk yang akan terjadi setelah ikan itu ditemukan?

Ikan berukuran hampir 4 meter yang dikenal dengan nama oarfish itu dipercaya sebagai pertanda buruk. Masyarakat Jepang meyakini kemunculan ikan oarfish menjadi pertanda akan datangnya gempa bumi dan gelombang super dahsyat.
 Woooww,, apakah benar sobat?
oarfish ditemukan dalam keadaan anfal pada senin 28 Januari lalu. Masyarakat sekitar memutuskan untuk tetap membawa ikan sepanjang 4 meter itu ke akuarium Uozu terdekat untuk dipelajari.

Spesies ini dicirikan oleh tubuhnya yang keperakan, panjang, dan bersirip merah. Oarfish sendiri biasanya menghuni perairan laut dalam, Ikan ini dilaporkan sulit di tangkap dan hidup di kedalaman 200 hingga 1.000 meter. sehingga jarang terlihat di permukaan. Tak heran jika kemunculannya di permukaan membuat masyarakat Jepang terkejut. Warga meyakini jika sampai ikan oarfish terlihat di permukaan pertanda akan datang bencana alam.
Benarkah opini tersebut, apakah mitos atau fakta?
Reputasi ikan dengan nama lokal ryugu no tukai (utusan dari istana raja naga) sebagai indikator malapetaka kian menjadi, dikala 10 ekor ikan ini terdampar di sepanjang garis pantai pada 2010 lalu.
Pada Maret 2011, gempa berkekuatan 9 skala richter menerjang timur laut Jepang dan memicu tsunami besar yang menghilangkan hampir 19 ribu orang. Terjangan gelombang besar itu dan goncangan gempa juga menghancurkan pembangkit nuklir Fukushima.
Dengan bayang-bayang memori tersebut, wajar saja jika masyarakat Jepang tiba-tiba khawatir. Sementara jika menggunakan pendekatan ilmiah, ikan laut dalam,
yang naik ke permukaan mungkin bereaksi atas pergerakan garis patahan seismik yang tidak biasa sebelum gempa bumi.
Hiroyuki Motomura, seorang professor ichthyololgy di Kagoshima University, punya penjelasan yang lebih ilimah terkait penemuan ikan oarfish baru-baru ini.
“Saya punya sekitar 20 spesimen ikan ini dalam koleksi saya sehingga ia bukan spesies yang sangat langka,” katanya,
Tapi, tambahnya, dia percaya bahwa ikan ini cenderung naik ke permukaan ketika kondisi fisik mereka sedang buruk. “Terbawa arus air, itulah sebabnya mereka begitu sering mati ketika ditemukan,” sambungnya.
Waaaawww,, informasi yang menakjubkan ya sobat?
Dia juga menambahkan bahwa tautan ikan ini dengan aktivitas seismik telah terjadi selama bertahun-tahun. “Tapi tidak ada bukti ilmiah tentang hubungan itu, jadi orang-orang tidak perlu khawatir,” ujarnya, mantap.
Semoga dengan pendapat ilmiah tersebut bisa membuat warga lebih tenang, dalam menanggapi adanya penemuan ikan oarfish itu ya sobat?
Kalau menurut pendapat kalian, bagaimana? Jangan lupa kasih komentar di bawah ya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar