Sabtu, 09 Maret 2019

Tak Disangka Burung Semungil Ini Mampu Bikin Sarang Seberat Satu Ton Lebih

Tak Disangka Burung Semungil Ini Mampu Bikin Sarang Seberat Satu Ton Lebih
Haiii gaes..
Jika biasanya Burung membuat sarang di tempat yang tersembunyi dan hanya cukup di tinggali beberapa ekor saja,Berbeda halnya dengan burung yang hidup di selatan Arika ini.
Ukuran Tubuhnya boleh kecil, tetapi kemampuannya membuat sarang tidak diragukan lagi, itulah burung penenun yang dikenal dengan nama Social Weaver (Philetairus socius). 
Mereka mampu membangun sarang yang sangat besar sehingga pohon yang menjadi tempat hinggapnya bisa menjadi patah, Bayangkan saja bobot sarangburung penenun bisa mencapai lebih dari satu ton, dengan lebar 6 meter dan tinggi 3 meter.
Sarang Super besar dibangun dari beberapa generasi, terdiri dari ratusan kamar yang terpisah, Generasi penerusnya akan kembali memperbarui sarang dan menggunakan kembali kamar-kamar di dalamnya hingga lebih dari satu abad.
Burung penenun menggunakan berbagai bahan yang berbeda untuk membangun sarangnya, Struktur dasar sarangnya terbuat dari anyaman ranting, Kemudia mereka menjalin bagian dalam dengan rerumputan dan bulu-buluan.
Konstruksi kamarnya sepanjang 25,4 cm dengan lebar 2,5 cm sebagai pintu khusus, dengan ujungnya yang melengkung tajam untuk menghalangi ular masuk, Sementara pasangan burung petelur akan memiliki kamar tersendiri, Kebanyakan kamar itu dihuni 3 sampai 4 ekor burung sekaligus.
Keuntungan gaya hidup seperti ini menjadi lebih jelas dalam konteks padang pasir dimana suhu udara berubah-ubah secara dramatis, Struktur sarang berukuran besar melindungi burung tidak hanya dari suhu udara, tetapi juga dari sinar matahari langsung, hujan, dan panas.
Pada banyak binatang kebutuhan dan ketergantungan pada air sangat tinggi jika dalam cuaca panas, Sementara burung penenun dapat mengasingkan diri ke dalam sarangkomunal mereka yang dingin saat cuaca terik, dan akan terasa hangat saat cuaca yang dingin, Mereka juga dapat menghemat air yang diperlukan untuk mengeluarkan panas.
Keuntungan lain tinggal dalam koloni besar adalah meningkatkan kemungkinan setiap individu tidak tertangkap predator, Pintu masuk sarangberada di bagian bawah struktur sarang untuk melindungi penghuninya dari elang dan predator lainnya.
Burung penenun juga dapat menjadi korban dari kesuksesan mereka membangun sarang, Beberapa sarang mereka dapat bergantung di pohon selama berabad-abad.
Waaah Sarang yang cukup unik ya gaes
Bagaimana menurut pendapat mu.

Tak Disangka, Burung Semungil Ini Mampu Bikin Sarang Seberat Satu Ton LebihHasil gambar untuk sarang burung unik
Hasil gambar untuk sarang burung unikGambar terkait


Tidak ada komentar:

Posting Komentar