Kamis, 07 Maret 2019

Sekolah hutan di skandinavia, denmark


Sekolah hutan di skandinavia, denmark

Hai sobat ketemu lagi di video on the spot terbaru

Pada umumnya, banyak anak anak yang di wajibkan untuk mengenyam pendidikan, mulai dari play group, paud, Taman kanak kanak bahkan sampai perguruan tinggi.

Tetapi pernahkan kalian mendengar mengenai sekolah unik yang aktivitasnya di lakukan di tempat yang tak biasa?

Yusp,, baru-baru ini ada sebuah pendidikan taman kanak-kanak yang di lakukan di dalam hutan. Aneh dan unik kan sobat, Istilah sekolah hutan digunakan untuk menggambarkan pendekatan yang menarik dan memotivasi untuk bermain dan belajar diluar ruangan.

Bukan hanya soal namanya saja namun, kegiatan sekolah benar-benar dilakukan di dalam hutan. Dan mungkin beberapa kegiatannya akan cukup ekstrem dilakukan. anak anak bebas berkeliaran di dalam hutan di samping taman kanak kanak mereka.

Namuuunn,, kalian harus perluh tau ya, bahwa Sekolah hutan pertama itu, di temukan di skandinavia, denmark, pada awal tahun 1950 an, sekarang sekolah hutan mulai populer di jerman, austria dan swizland dan beberapa negara di dunia.

Ciri khas sekolah hutan adalah anak-anak memakai pakaian tahan air dan juga sepatu boot untuk melindungi mereka dalam eksplorasi di dalam hutan. 

Anak-anak ini percaya diri dan kompeten dalam permainan mereka, secara imajinatif membuat permainan menggunakan bahan-bahan alami disekitar mereka.

Bahkan mungkin anda akan menemukan anak anak yang memanjat pohon seperti ini. Namun pengajar tidak akan khawatir soal itu. Mereka akan di dorong melakukan sesuatu hal yang sesuai keyakinan dan kemampuan mereka. Serta memahami resiko yang akan dihadapi.

Untuk dapat mengembangkan ketrampilan fisik,anak anak dapat memerluhkan kesempatan untuk memanjat, melompat, berlari dan bersepeda dan proses-proses ini mencakup kompetensi indra sosial dan intelektual yang di kembangkan anak-anak.


Kelompok-kelompok semacam ini biasnya memiliki tempat tinggal permanen atau semi permanen di hutan. Meskipun yang lain didaerah perkotaan dimana hutan terlalu jauh, mereka menyewa lahan dikota dan menggembangkan sebagai lingkungan luar.

Anak-anak didorong untuk berani mengambil resiko dengan mempertimbangkan kemampuan dan juga memahami bahaya yang dapat terjadi, sehingga anda juga dapat menemukan anak-anak saat memegang pisau untuk membuat karya  mereka sendiri.

Sebagian besar taman kanak-kanak ini relatif kecil dengan antara 20 hingga 30 anak-anak dengan didampingi 4 atau 5 praktisi. Meskiupun beberapa lebih besar dengan anak-anak hingga 100. Tentu tidak semua taman kanak-kanak di denmark telah sekolah hutan.

Hanya 10% dari 500 taman kanak-kanak dengan konsep hutan yang ada di denmark. Dan anak-anak tidak memiliki kendala dalam belajar ketika memasuki pendidikan sekolah dasar.

Namun bagi mereka yang tidak bisa melakukannya. Masih ada sekolah tradisional menjadi pilihan mereka. Beberapa lokasi lebih menantang dari yang lain, dengan semakin tahun jumlah sekolah hutan mulai meningkat di negara-negara skandinavia.

Amazing kan sobat, ternyata sekolah dalam hutan itu sungguh fantastis serunya ya.

Bagaimana menurut sobat semua, jangan lupa kasih komentar di bawah ini ya?





Tidak ada komentar:

Posting Komentar