Sabtu, 09 Maret 2019

Fenomena Gelombang Tinggi Bongkahan Es Terjang AS

Fenomena Gelombang Tinggi Bongkahan Es Terjang AS

### Haiii Sobat ketemu lagi di video on the spot terbaru
Beberapa hari Yang Lalu Banyak Warga Di Gemparkan dengan adanya Sebuah Fenomena Aneh Yang Terjadi di sejumlah wilayah di New York Amerika Serikat.

Fenomena Aneh dan Menggemparkan Tersebut menunjukkan adanya Terjangan Gelombang tinggi Berupa Bongkahan es.

Yaaa Fenomena ini dinamakan Gelombang tinggi es, lantaran terdapat gundukan es tinggi serupa ombak besar yang membeku di sejumlah bibir pantai, sungaidan danau di sekitar Kota New York.

Beberapa diantaranya seperti terjadi di tepian danau Ontario di utara New York hingga sungai Niagara Park Way yang ada di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada. 

Gundukan es tinggi ini terbentuk Karena tiupan angin kencang, membuat es yang ada di permukaan air di pantai, sungai dan danau tertiup ke tepian dan menggunung, Fenomena ini disebut berkaitan dengan musim dingin ekstrem yang melanda sejumlah negara termasuk Amerika Serikat. 

Gelombang tinggi berupa bongkahan es yang menerjang area pantai Hoover di Hamburg kota New York, diperkirakan dapat mencapai ketinggian 7 hingga 9 meter, Tinggi ini lebih dari empat kali tinggi orang dewasa. 

Menurut layanan cuaca nasional daerah Buffalo penyebab fenomena gelombang tinggi es di wilayah dekat perairan ini terdorong oleh angin kencang dengan kecepatan 120,7 kilometer per jam (75 mph) di daerah perbatasan kota New York dengan Danau Ontario,  Akibatnya terjadi pemadaman listrik secara masif dan dilaporkan sejumlah rumah rusak.

Fenomena 'Gelombang tinggi es' ini terjadi ketika angin kencang berhembus langsung ke danau, pantai maupun sungai yang landai. Semakin landai lereng, maka semakin jauh air mendorong gumpalan es itu menuju daratan, Selain itu gumpalan es juga muncul akibat dari suhu dingin esktrem yang memaksa es mengembang dan berkontraksi.

angin kencang juga terjadi di ujung timur danau Erie, Fenomena itu menyebabkan naiknya permukaan air dan mendorong es menuju hulu danau, Sejumlah Warga disana, dilaporkan juga telah dipindahkan dari wilayah, yang terdampak guna mengantisipasi gelombang tinggi es susulan.

National Geographic juga memberitakan pada Minggu 24 febriari 2019, hembusan angin SeKencang 60 mil per jam di sekitar danau Erie menghantam sejumlah gardu listrik dan gumpalan es pun membentang di sepanjang jalan serta rumah-rumah warga.

Fenomena Seperti ini bukan pertama kali terjadi, sebelumnya hal serupa pernah terjadi pada Tahun 1882, Berdasarkan laporan para peneliti di masa itu, terjadi gundukan gunung di tanah, yang terus menumpuk, akibat angin yang meniup es telah menutupi permukaan danau-danau, Sejak tahun 1825 dan seterusnya, fenomena gerakan danau es yang terdorong angin Kencang ini terus dilaporkan. 

Waduuuh Fenomena yang mengerikan ya sobat.

Bagaimana menurut pendapat kalian.

View image on TwitterFenomena Tsunami Es Terjang AS
View image on TwitterView image on Twitter
View image on TwitterView image on Twitter
View image on TwitterView image on TwitterDampak tsunami es di Fort Erie, Kanada.https://blue.kumparan.com/kumpar/image/upload/fl_progressive,fl_lossy,c_fill,q_auto:best,w_640/v1551241738/yvzn8p82snys3u52a7eh.jpg
https://blue.kumparan.com/kumpar/image/upload/fl_progressive,fl_lossy,c_fill,q_auto:best,w_640/v1551241737/swrnpwe6ftirptft7aqc.jpghttps://blue.kumparan.com/kumpar/image/upload/fl_progressive,fl_lossy,c_fill,q_auto:best,w_640/v1551242043/vdb9de3ugg3tk7ch9l33.jpg

Dalam cuitan yang dilayangkan @NiagParksPolice tampak bagaimana es itu menggulung dan menumpuk di tepian sungai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar