Kamis, 07 Maret 2019

Hanya di Indonesia, Sungai dikeramik Saking Jernihnya, Lihat Deh Bening Banget


Hanya di Indonesia, Sungai dikeramik Saking Jernihnya, Lihat Deh Bening Banget
Haii Haiii haiiiiii Sobat ketemu lagi di video on the spot terbaru
Indonesia tak hanya mempunyai pantai-pantai cantik dan gunung-gunung indah saja, tapi ada sungai yang mengalir luas. Namun sayang, kini hampir sulit menemukan sungai yang masih bening dan asri, apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta.
Hampir semua sungai di kota-kota besar sudah berubah warna. Bukan hanya itu, sungai-sungai pun sudah mengeluarkan bau yang amat tidak sedap karena menjadi tempat pembuangan limbah.
Namun tidak dengan sungai yang ada di Desa Sawai, Kecamatan Seram Utara, Pulau Seram, Maluku Tengah ini. Desa Sawai memiliki luas sekitar 15 hektare dengan jumlah penduduk sekitar 4 ribu jiwa. Lokasinya berdekatan dengan Taman Nasional Manusela. Hutan Desa Sawai pun termasuk taman nasional, oleh karena itu warganya bersama-sama melindungi keadaan alam sekitar. Sebagian besar warga Desa Sawai bermata pencaharian sebagai nelayan, ada juga yang berkebun dengan hasil palawija dan buah-buahan.
beberapa waktu lalu di sungai tersebut mendadak ramai dan banyak warga serta para wisatawan menyeberang dari Ambon ke Pulau Seram untuk berbondong-bondong Dari Pulau Seram untuk melakukan perjalanan darat menuju Desa Sawai. Hanya Demi merasakan kesegaran dari air sungai asinahu sawai. Keindahan dan jernihnya air yang mengalir dengan aktifitas masyarakat yang mandi maupun mencuci pakaian seakan hanyalah hasil editan saja. Padahal ini nyata adanya, lho sobat!
Sungai ini mengalir bercabang-cabang membelah Desa Sawai langsung menuju lautan.  Lokasi Sungai ini memang berbatasan langsung dengan rumah warga sehingga menambah keindahannya. Sekilas, tempat ini pun mempunyai penampilan yang mirip dengan suasana di Venezia Itali.
Sedangkan Nama sungai tersebut adalah Air Asinahu Sawai. Asal nama Asinahu dikabarkan karena jaman dulu air sungai yang tawar sering tercampur dengan air laut saat sedang pasang.
Pinggiran sungai dilapisi oleh keramik berwarna biru, sehingga terlihat lebih asri dan tampak seperti tempat wisata. Penduduk setempat yang rata-rata adalah nelayan tahu, bagaimana menjaga lingkungan agar tetap terjaga indah dan sehat. Tak heran jika sungai unik ini dijuluki sungai terjenih di Indonesia.
Uniknya, air yang mengalir di sungai ini, bersumber dari bebatuan yang ada di bawah tebing dan berbatasan dengan hutan.  sungai ini akan terasa asin pada bulan-bulan tertentu. Ini terjadi lantaran sungai ini sangat dekat dengan muara sungai di laut. akibatnya, saat air laut pasang, aliran akan meluap.
Jadi jangan merasa aneh apalagi noraks, kalau air di kolam renang buatan ini dijamin benar-benar jernih dan segar, jempol kaki kita aja bisa kelihatan jelas sobat.
Tertarik berkunjung ke sana? Kalau berkunjung ke Maluku jangan lewatkan wisata satu ini. Ada banyak penginapan dengan harga terjangkau di sekitar lokasi, Dan jaraknya sangat dekat, hanya beberapa meter saja dari tempat penginapan yang berada ditengah-tengah pemukiman rumah warga. Keren banget kan. Yuk, jelajahi alam Indonesia!
Bagaimana menurut pendapatmu, jangan lupa kasih komentar di bawah ini ya?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar