Kamis, 07 Maret 2019

Suku Asaro, Manusia Bertopeng Penghuni Pedalaman Papua Nugini

Suku Asaro, Manusia Bertopeng Penghuni Pedalaman Papua Nugini

#### Haiii Haiii Sobat...
Sekelompok masyarakat primitif hidup si dataran tinggi Provinsi Highlands Timur, Papua Nugini. Mereka adalah Suku lumpur Asaro Atau Biasa Disebut Asaro Mudmen, terdiri dari klan agraria yang kecil, terisolasi oleh medan yang keras dan terbagi dengan bahasa, adat dan tradisi.

Pertama kali ditemukan oleh dunia barat pada abad ke-20, Dalam sebuah kisah legenda bahwa Mudmen terpaksa mengungsi dari musuh ke Sungai Asaro di mana mereka menunggu sampai senja untuk melarikan diri sekitar 1800 tahun yang lalu.

Musuh yang melihat mereka bangkit dari tepi-tepi sungai dengan tertutup lumpur berpikir bahwa mereka roh. Sehingga sampai saat ini, Suku Asaro masih menerapkan lumpur dan masker untuk menjaga ilusi hidup dan menakut-nakuti suku lainnya agar tidak mengganggu kehidupan mereka.

Sebagaimana kisah legenda itu, ciri-ciri Suku Asaro adalah mengenakan topeng yang terbuat dari tanah liat berwarna putih. Topeng yang mereka gunakan memiliki penampakan yang menakutkan, dengan telinga yang aneh, mata yang tajam, gigi, taring babi liar, dan kerutan yang semakin melengkapi kesan seram. Mereka menggunakan topeng ini untuk melawan musuh-musuh yang ingin berperang.

Namun, kini topeng Suku Asaro itu telah berevolusi menjadi hiasan yang tebal dan berat. Biasanya mereka gunakan sebagai bagian dari pertunjukan budaya. Untuk mendapatkan topeng tersebut, mereka mengambil tanah liat dari pinggiran sungai Asaro. Selanjutnya, dibuat oleh warga yang ahli. Tahap terakhir, topeng itu pun di keringkan dengan dijemur di bawah terik matahari.
Saat ini, topeng lumpur tersebut dipakai untuk menari kaum adam yang terdiri dari lima hingga 10 orang, tanpa iringan musik dan instrumen. Para penari mengoleskan tubuh mereka dengan tanah liat yang sama, jari-jari mereka dihias dengan bambu pajang dan tajam. Kemudian menggunakan topeng sebagai pelengkap.





https://www.youtube.com/watch?v=xebPHJ2LmCQ
https://www.ucnews.id/news/Asal-Mula-Suku-Asaro-Manusia-Bertopeng-Penghuni-Pedalaman-Papua-Nugini/449641449907232.html
https://uzone.id/suku-asaro-manusia-lumpur-dari-papua-nugini
https://kumparan.com/@kumparantravel/suku-asaro-manusia-lumpur-dari-papua-nugini
https://www.youtube.com/watch?v=_2B3GEQPaOs
https://www.youtube.com/watch?v=fzH6PQNAkak
https://www.youtube.com/watch?v=GItg6Cry5gU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar