Kamis, 07 Maret 2019

Ajaib, Pohon Ini Hasilkan 40 Macam Buah Sepanjang Tahun!.


Ajaib, Pohon Ini Hasilkan 40 Macam Buah Sepanjang Tahun!.
Selama ini kita selalu melihat Lazimnya sebuah pohon akan menghasilkan buah yang sesuai dengan jenis pohonnya. Pastinya hanya ada satu buah yang bisa muncul dari pohon tersebut.
Tapi Kali ini ada yang berbeda,, di New York Amerika sana, ada sebuah pohon yang bisa menghasilkan 40 buah yang berbeda.
Lho kok bisa?
Yaaa... seorang seniman sekaligus dosen di Syracuse University, Sam Van Aken, dengan hati-hati telah membuat sebuah pohon dapat meneghasilkan 40 jenis buah baru menggunakan metode okulasi chip, atau pembiakan tanaman vegetatif dengan menyambungkan dua tanaman sedemikian rupa sehingga keduanya dapat bergabung menjadi satu tanaman yang utuh.
Di antara buah tersebut adalah buah persik, almond, plum, kesemek, aprikot, ceri dan lain-lain yang tiap jenisnya unik serta langka,  Ajaibnya lagi buahnya menyesuaikan dengan musim.
Proyek ini dimulai pada tahun 2008 ketika Van Aken menemukan sebuah kebun di New York, kebun tersebut mempunyai pohon buah oleh orang Amerika disebut sebagai buah batu berusia 200-tahun.
Proses melakukan okulasi chip 40 buah menjadi satu itu tentu membutuhkan kesabaran karena harus dilakukan selama beberapa tahun. Van Aken menggabungkan cabang berbagai varietas ke pohon induk.
Pada musim semi di Amerika, pohon ini menghasilkan bunga berwarna pink dan ungu mekar dengan warna yang menakjubkan dari masing-masing cabangnya.
Sedangkan saat musim panas,  Pohon mulai menghasilkan buah dari 40 jenis. pohon ini bukan saja menghasilkan buah tapi juga bisa menjadi hiasan yang indah karena warnanya yang menawan.
Sejauh ini, Van Aken telah membuat 16 pohon dan telah menyebar ke seluruh Amerika Serikat dan dipajang di museum, pusat-pusat komunitas dan koleksi seni pribadi diantaranya ada sudah ada di kota-kota Amerika Serikat, termasuk Santa Fe, New Mexico; Short Hills, New Jersey; Louisville, Kentucky dan Pound Ridge, New York.
Van Aken sengaja menanam pohon tersebut di lokasi yang bisa membuat orang terpana. "Dan setelah mereka melihat pohon tersebut, mereka akan mempertanyakan, mengapa daunnya berbeda?
Mengapa warnanya juga berbeda?"
Van Aken mengungkapkan bahawa melihat pohon tersebut, otomatis juga sudah melihat puluhan pohon yang ditanam di Amerika Serikat.
Wah...menarik ya?
Semoga kita bisa segera merasakan kehadiran pohon ini di Indonesia atau seseorang sudah berinisiatif memulai membuat pohon cangkokannya ya.
Gimana menurut pendapat mu sobat..
......




Tidak ada komentar:

Posting Komentar