Senin, 24 Agustus 2015

Laporan Magang Rumah Makan Mie Setan


Laporan Magang Rumah Makan Mie Setan


·         Nama Perusahaan/Instansi :
Rumah Makan Mie Setan

·         Tempat dan lokasi Perusahaan/Instansi :
Jalan Pendekar gang 2 No. 6A Kepanjen Sumenep

·         Nama produk yang dijual :
1.      Mie ayam level 1-6
2.      Nasi goreng level 1-6
3.      Tahu Kuntilanak
4.      Ceker setan
5.      Es spiritual
6.      Es pocong
7.      Es setan afrika
8.      Es tuyul
9.      Es makam jeruk purut
10.  Es teh suzana

·         Sejarah :
Berawal dari sulitnya mencari pekerjaan pasca wisuda. Akhirnya mencoba berwirausaha dengan bidang usaha kuliner, mengingat masyarakat Sumenep yang memiliki daya beli cukup tinggi, ditambah dengan maraknya penjualan mie setan yang ada di kota-kota besar menjadi insprirasi untuk mengembangkan mie setan di Sumenep. Mie ayam setan ini adalah mie ayam setan pertama di Kabupaten Sumenep. Didirikan pada 4 Juni 2013, yang dipelopori oleh Dini sebagai pimpinan kru mie setan, Nia, dan Taufik. Dinamakan mie setan sendiri karena disediakannya level pedas dari level 1 hingga level 6 yang memiliki sensasi kepedasan saat makan sehingga seperti orang kesetanan.




·         Visi :
Mengutamakan keramahtamahan, kejujuran, dan loyalitas dalam bekerja, serta menjaga cita rasa dan kualitas dari Mie Setan

·         Misi :
1.      Membuka lapangan kerja, sehingga bisa mengentas pengangguran
2.      Mencukupi kebutuhan dalam hal pangan di masyarakat

·         Logo
Logo mie setan bergambar setan berwarna merah, dengan ditambahnya tulisan “Berani Level”. Logo tersebut mengandung arti bahwa gambar setan yang menjadi dasar dari penamaan usaha rumah makan tersebut dan diperjelas dengan penambahan kalimat “Mie Setan”. Warna merah yang memiliki arti filosofi berani dan menarik perhatian. Adanya tulisan “Berani Level” menjelaskan penawaran yang dilakukan oleh Rumah Makan Mie Setan terdapat level kepedasan.

·         Starategi pemasaran :
            Berawal dari pemanfaatn teman terdekat dan disekitar untuk memasarkan produk dengan cara mulut ke mulut, facebook, bbm, twitter, radio pernah diundang dengan radio SBS Sumenep, Sampang TV, dan terdapat pula delivery order minimal pembelian 3 bungkus dengan ongkos kirim Rp 5.000,00.
·         Omzet :
Mie ayam setan dan nasi goreng merupakan produk unggulan dari rumah makan Mie Setan. Porsi yang terjual perharinya mencapai ±95 mangkuk, sedangkan untuk nasi goreng porsi yang terjual hanya mencapai ± 30 piring. Omzet yang didapat perhari oleh rumah makan Mie Setan sebesar Rp 1.700.000,00 per hari.

·         Latar belakang usaha
Berawal dari sulitnya mencari kerja, lalu mencoba untuk berwirausaha. Mengingat daya beli masyarakat Sumenep yang cukup tinggi, akhirnya Dini, Taufik, dan Nia berinisiatif menjual produk dalam bentuk makanan. Ditambah dengan maraknya penjualan mie setan yang ada di kota-kota besar menjadi insprirasi untuk mengembangkan mie setan di Sumenep.

·         Kendala
Lokasi yang terlalu terpencil (masuk dalam gang), sehingga masyarakat kurang informasi terhadap rumah makan ini. Kurangnya karyawan, banyaknya pelanggan yang datang kurang terlayani secara maksimal.

·         Solusi
Dibukanya cabang Rumah Makan Mie Setan di tengah kota, sehingga baik masyarakat Sumenep maupun masyarakat pendatang tahu keberadaan Mie Setan dan dapat dijadikan referensi untuk wisata kuliner. Membuka recruitment untuk menambah karyawan di Mie Setan.

·           Add Value dari Rumah Makan Mie Setan
Merupakan kedai mie setan yang pertama di Sumenep buka setiap hari pukul 10.00 hingga pukul 22.00 WIB. Pihak Mie Setan selalu menjaga kebersihan tempat dan kualitas dari makanan. Fasilitas lain yang diberikan pihak Mie Setan kepada konsumen yaitu adanya wifi, sehingga dapat menarik minat dari konsumen terutama para muda-mudi. Nama menu yang ditawarkan berbau mistis, yang bisa membuat konsumen penasaran akan menu tersebut.

·         Perbedaan Mie Setan Sumenep dengan Mie Setan lainnya
Yang membedakan Mie Setan Sumenep dengan mie setan yang lain yaitu mie yang dijual di Mie Setan ini berupa mie kering atau yang biasanya terkenal dengan nama mie pangsit, level pedas yang disediakan yakni level 1-6, disamping itu ada level malaikat bagi konsumen yang tidak suka pedas sama sekali, selain itu penyajian kuah dipisah dari mangkok mie, agar kualitas mie tidak mengembang

·           Cara Pembuatan Masakan
a.       Cara pembuatan mie ayam setan :
1.      Pertama rebus mie yang telah disediakan hingga matang.
2.      Tiriskan mie yang telah matang, kemudian masukkan bumbu dan sayuran yang telah disiapkan. Untuk bumbu ditambah tingkat kepedasan yang telah di pesan oleh konsumen. Aduk hingga merata, tambahkan bawang goring dan mie siap disajikan.
b.      Cara membuat nasi goreng setan :
1.      Sangrai bumbu yang telah disiapkan hingga matang beserta level kepedasan yang telah dipesan oleh konsumen.
2.      Masukkan nasi ke dalam bumbu, aduk hingga merata. Tunggu hingga matang.
3.      Setelah matang, pindahkan nasi dari penggorengan ke piring yang telah disediakan. Tambahkan udang diatasnya untuk mempercantik hidangan, sajikan.
( *NB : Bumbu tidak disebutkan karena merupakan bagian dari rahasia perusahaan )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar