Senin, 24 Agustus 2015

Laporan Magang Rumah Makan Linda Jaya


Laporan Magang Rumah Makan Linda Jaya
·         Nama Perusahaan/Instansi :  Rumah Makan Linda Jaya

·         Tempat dan lokasi Perusahaan/Instansi :
 Jalan Raya Abar-Abir Bungah Gresik.




·         Nama produk yang di jual
1.      Seafood
2.      Ayam bakar linda jaya
3.      Masakan jawa
4.      Chinese food
5.      Nasi kotak
6.      Prasmanan

·         Sejarah Perusahaan/Instansi
Sejarah berdirinya rumah makan ini berawal dari keluarga pemilik rumah makan Linda Jaya “Ibu Pipit” yang sering membeli makanan di luar rumah. Selain itu, Ibu Pipit merasa prihatin kepada masyarakat petani tambak daerah Gresik utara yang setiap panen hasilnya melimpah namun, saat dijual ke tengkulak harga dari hasil panen tersebut sangat murah. Hal ini menjadi alasan utama yang memicu pemilik rumah makan untuk membuat usaha yang menguntungkan dan bisa menyerap tenaga kerja sekaligus bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar apalagi dengan adanya wacana indusri Gresik yang akan dikosentrasikan di wilayah Manyar, Bungah, Ujungpangkah dan Panceng ini membuat semakin kuat tekad untuk membuat rumah makan yang bersih, indah, dan sehat dengan memanfaatkan bahan baku di sekitar tempat itu. Ketika modal pada tahun 2008 dimiliki oleh Ibu Pipit bersama suaminya dan di dukung oleh semua keluarganya, maka Ibu Pipit beserta suami memberanikan diri untuk membuat rumah makan di wilayah Bungah-Gresik. Padahal waktu itu pasangan suami istri ini tidak mempunyai keahlian untuk memasak dan tidak begitu paham dengan manajemen kuliner. Pada awal mulanya RM Linda Jaya memiliki seorang koki asal Bojonegoro yang membuat resep pertama yaitu seafood dan ayam bakar Linda Jaya serta selalu membaca dan mencari wawasan di internet tentang kuliner. Nama Linda Jaya sendiri diambil dari nama anak pertama Ibu Pipit yakni Linda dan ditambah kata jaya yang menjadi “LINDA JAYA’’. Pemilik rumah makan berharap  anak pertama itu pembawa rizki, dan kata jaya sendiri membuat harapan bagi Ibu Pipit supaya makmur karena menurut filosofi orang jawa jika suatu usaha diberi jayanya maka akan makmur dan berhasil. Tahun demi tahun terlewati dan pada akhirnya Rumah Makan ini banyak mengalami suka dan duka dalam kegiatan usahanya, akan tetapi dengan bermodalkan kesabaran kini RM Linda Jaya sukses dan masakannya sudah terkenal di daerah Gresik Utara.

·         Visi rumah makan linda jaya
Menjaga kualitas rumah makan dengan konsep 3K, yaitu yang pertama kelezatan (rumah makan linda jaya selalu menjaga kualitas bahan yang di gunakan dan menjaga kualitas rasa dari makanan yang senantiasa mengalami inovas-inovasi baru), yang kedua kerindangan (rumah makan linda jaya selalu menjaga keindahan tempat yang rindang nan asri), yang ketiga kebersihan (rumah makan linda jaya selalu mengedepankan kebersihan makanan, dapur, gazebo tempat makan dll).

·         Misi rumah makan linda jaya
1.      Memberdayakan para petani tambak sekitar gresik utara
2.      Membuat lapangan pekerjaan
3.      Memenuhi nafkah keluarga

·         Logo Perusahaan


Logo Rumah Makan Linda Jaya bergambar udang dan bandeng dengan tulisan nama Linda Jaya di sebelahnya. Gambar tersebut mengandung history dari awal berdirinya rumah makan tersebut. Udang dan bandeng merupakan bahan baku awal yang digunakan oleh rumah makan ini. Dulunya menu masakan dari rumah makan ini hanya menyajikan masakan laut atau biasa disebut dengan seafood. Kemudian, nama  Linda Jaya itu sendiri di ambil dari nama anak pertama pemilik rumah makan yang bernama ‘’LINDA JAYA’’.

·         Strategi pemasaran
1.      Teman (memanfaatkan teman dan kenalan untuk memasarkan produk dari mulut ke mulut)
2.      Beriklan di radio (rumah makan linda jaya juga beriklan di radio suara giri dan wijaya fm. Ini dilakukan pada saat tahun 2008-2011)
3.      Membuat brosure yang di bagikan ke intansi pemerintah dan lembaga lembaga sekolah
4.      Iklan koran
5.      Memberikan diskon (rumah makan linda jaya memberikan diskon kepada langganan dan rombongan travel dari luar kota)
6.      Menambah inovasi makanan (rumah makan linda jaya selalu menambah inovasi makanan dan memperbarui masakan)
7.      Delivery order atau pesan antar (rumah makan ini menyediakan pesan antar di wilayah gresik dan sekitarnya)
8.      Menjaga 3k (kebersihan, keindahan, kelezatan)
9.      Membuka cabang di perumahan gresik kota baru dan betoyo manyar gresik.
10.   Prasmanan (menyediakan maskan prasmanan untuk pesta nikahan dan ulang tahun)

·         Omzet Rumah Makan Linda Jaya
Seafood dan ayam bakar linda jaya merupakan menu unggulan dari RM Linda Jaya. Omzet perhari yang diperoleh oleh Rumah Makan Linda Jaya berkisar antara 2 sampai 3 juta rupiah. Jika dikalkulasikan, omzet perbulan RM Linda Jaya mencapai sekitar 80-90 juta.  Sehingga modal awal yang kurang lebih mencapai Rp 100.000.000,- dapat kembali atau istilah lainnya “balik modal” dengan cepat.

·         Latar Belakang Usaha
Pemilik Rumah Makan Linda Jaya membuka usaha rumah makan ini dengan melihat dari segi peluang dan keuntungan yang besar. Pasalnya didaerah Gresik Utara masih jarang terdapat rumah makan ditambah lagi daerah tersebut merupakan daerah wacana industry dimana semua kegiatan industry akan dialihkan ke Gresik Utara. Dari peralihan tersebut maka pemilik melihat peluang besar bahwasanya peralihan tersebut akan menarik banyak masyarakat yang akan berkunjung ke kawasan Gresik Utara. Sampai saat ini pemilik telah memiliki keuntungan yang berlipat ganda dengan kisaran mencapai 85%.

·         Kendala Usaha
Kendala yang pernah di hadapi rumah makan linda jaya ialah daya beli masyarakat gresik utara yang masih rendah, serta bahan baku yang diperoleh bersifat musiman sehingga pasokan bahan baku tidak selalu baik. Selain itu, pengelolaan sampah yang masih kurang baik dan belum terencana. Terkadang ada masa dimana pelanggan mulai berkurang dan kritik dari pelanggan yang disampaikan kepada pihak RM Linda jaya.

·         Solusi Usaha
Solusi dari kendala yang di hadapi rumah makan linda jaya dngan cara memasok bahan baku dari luar kota seperti lamongan, sidoarjo dan mojokerto, untuk pengelolaan sampah RM Linda Jaya masih belum menemukan pengelolaan yang baik dan efektif untuk itu alternatif yang digunakan RM Linda Jaya ialah dengan membuang sampah tersebut ke TPA. Ketika pelanggan yang datang mulai jarang, maka pihak RM  Linda Jaya membuat manajemen dan strategi yang baru dan lebih baik lagi, baik itu dari segi promosi maupun manajemen keuangan. Kendala lain adalah saat pelanggan mengkritik masakan atau tempat RM Linda Jaya, pihak RM Linda Jaya melakukan usaha handling complain dengan melakukan komunikasi yang baik dengan pelanggan. 




·         Pelayanan dan Add Value dari perusahaan
Pelayanan RM Linda Jaya antara lain : RM Linda Jaya buka setiap hari mulai pukul 09.00-21.00 WIB. Pihak Rumah Makan selalu menjaga kebersihan tempat dan kualitas dari makanan yang disajikan, karyawan yang ada disana juga senantiasa membiasakan diri untuk selalu tersenyum dan ramah kepada konsumen. Pelayanan prima yang diberikan akan membuat konsumen merasa nyaman ingin lebih lama di tempat itu. Fasilitas lain yang diberikan oleh rumah makan linda jaya  adalah dengan disediakannya mushollah untuk pelanggan yang ingin beribadah, toilet, gazebo, wifi serta full music yang dapat membuat konsumen nyaman dan menarik minat dari calon konsumen.

·         Cara Pembuatan Masakan
a.       Cara pembuatan ayam dan Seafood Bakar Linda Jaya :  
1.      Pertama rebus seafood (terdapat patin, gurami, bandeng, udang dll.) hingga setengah matang, kemudian masukan bumbu-bumbu yang telah disediakan. Biarkan bumbu meresap kedalam daging seafood.
2.       Setelah seafood direbus setengah matang dan bumbu telah meresap. Selanjutnya seafood dibakar hingga matang.

b.      Cara pembuatan ayam goreng Linda Jaya :
1.      Siapkan 1 ekor ayam, kemudian isi ayam di bersihkan dan di masak presto. Kemudian ayam tersebut diberi rempah-rempah atau yang biasa digunakan seperti bumbu kuning.
2.      Setelah itu, ayam yang sudah di presto akan di goreng dan siap untuk di sajikan. Satu ekor ayam goreng Linda Jaya, disajikan dengan sambal khas kota Gresik.

( *NB : Bumbu tidak disebutkan karena merupakan bagian dari rahasia perusahaan )




·         Kisaran bahan baku yang di gunakan rumah makan linda jaya per hari
1.      10 ekor ayam
2.      5 kg gurami
3.      3 kg cumi
4.      5 kg udang segar
5.      5 kg ikan patin
Lampiran

   

 

 
                        



                                 






PESAN DAN KESAN

‘’BERWIRAUSAHA ITU SELALU SABAR DAN BERANI MENANGUNG RESIKO’’

Tidak ada komentar:

Posting Komentar